Cara Meningkatkan Daya Ingat Dengan Cepat dan Alami

sumber : www.wikihow.com
Daya ingat setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang cepat dalam menangkap, memahami, dan mengingat sesuatu yang dilihat ataupun didengarnya, ada pula jenis otak yang lambat. Bisa jadi kesulitan mengingat tersebut dikarenakan adanya gangguan pada otak seperti Alzheimer atau Demensia.

#Menulis
 Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat dan menghafal informasi.
Hal ini terlihat sepele, tetapi cara ini cukup efektif. Jika kamu khawatir lupa tentang sesuatu yang penting maka tulislah di buku harian atau selembar kertas.
Menulis aktivitas dan hal penting dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu.
Aktivitas menulis menciptakan aliran oksigen ke area otak sehingga sesuatu yang kamu tulis akan mudah diingat daripada tidak kamu tulis.

#Latihan Mental dan Neurobics
 Sebab dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif. Neurobics melibatkan perubahan rutinitas atau melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Tetaplah membuat mental aktif dengan mengerjakan teka-teki silang, sudoku, dan games atau

#permainan berpikir lainnya.
Kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Misalnya kamu akan sulit membaca buku dan melakukan percakapan dengan teman pada waktu yang sama.
Memikirkan dan melakukan banyak hal dapat membuat kamu sering lupa.
Kondisi ini tentu menurunkan konsentrasi kamu. Otak membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Jadi, rileks dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan.  Hal ini karena kamu terlalu memikirkan dan memperhatian banyak hal secara bersamaan.

#Teruslah Belajar
Bagi kamu yang sudah bekerja pun juga bisa membiasakan untuk terus belajar.
Media komunikasi saat ini pun sudah semakin canggih sehingga kamu dapat belajar dimana saja. Kamu bisa gunakan gadget untuk belajar karena banyak sumber informasi yang dapat kamu baca. Dengan demikian, pengetahuan akan terus dan terus bertambah.
Belajar bukan hanya tugas para pelajar. Dengan belajar setiap hari maka akan memiliki wawasan, pengetahuan, ilmu, dan informasi baru yang muncul.

#Olahraga dan Tidur yang Nyenyak
 Kualitas tidur yang baik akan membantu mengoptimalkan fungsi otak. Latihan aerobik dapat pula meningkatkan suplai darah ke otak sehingga memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk meningkatkan fungsi otak.
Berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari membantu mengurangi pengeluaran hormon stres cortisol yang membunuh sel-sel otak. Selain itu, olahraga cukup juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

DAPATKAN UPDATE GRATIS: