7 Tempat Wisata Alam Terpopuler 2017 Yang Harus Dikunjungi Bagi Traveling di Sumatera Utara

IDsumut.com – Buat kamu yang suka travelling ke tempat yang dapat meremajakan mata kita, dan suasana tenang dan nyaman, disini kalian dapat menemukannya, tempat wisata yang bagus untuk anda, pasangan dan keluarga anda dapat mengunjungi tempat ini.
1. Wisata Danau Toba, Pesona Danau Vulkanik Terbesar di Dunia
sumber : whoareyou-iamindonesian.blogspot.com
Secara geografis, Danau Toba berada di pegunungan Bukit Barisan Provinsi Sumatera Utara dengan topografi wilayah yang didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Wilayah yang menjadi daerah tangkapan air pada kawasan wisata Danau Toba terdiri dari hutan alam, hutan rapat, hutan tanaman, hingga kebun campuran. 
Permukaan air danau ini berada pada ketinggian 903 meter dpl. Inilah suguhan panorama alam yang memikat saat Anda tiba di kawasan Danau Toba dengan hembusan udara yang begitu sejuk.
Danau Toba karena besar dan luas terbentang masuk dalam cakup/lingkup 7 kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, dan Dairi.
2.Pulau Samosir
sumber : ksmtour.com
Tema ini diluar dari cerita legenda pulau Samosir dan Danau Toba, Keindahan pemandangan di Pulau Samosir Sumatera Utara akan membius Anda sejenak. Bagaimana tidak? Sebuah pulau vulkanik nan indah terbentang di tengah Danau Toba, yang juga merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Anda akan menemukan udara sejuk dan segar selama berada di tempat wisata Sumatera Utara ini. Samosir sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Petualangan Anda di Samosir Sumatera akan diwarnai riak khas dari tiap kecamatan dengan magnetnya masing-masing.

3.Air Terjun Sigura-Gura (Kabupaten Toba Samosir)

sumber : ksmtour.com

Sebuah air terjun cantik setinggi 250 meter yang terbentuk untuk bendungan yang membendung aliran Sungai Asahan dan digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA), Namun sesungguhnya kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas air terjun cantik ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, kawasan sigura-gura memiliki landscape alam yang menawan.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, wisatawan dari luar Provinsi Sumatera Utara, bahkan wisatawan mancanegara.

Untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura, Anda yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km. Para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir.

4. Padang Halaban (Labuhanbatu Utara)
Sumber : Facebook – Desta Harja
Mungkin ini sangat asing bagi orang yang tidak pernah mengunjungi tempat ini, ini adalah pohon trembesi tua, yang tumbuh subur menutup jalan.
pohon ini ditanam disisi sebelah kanan dan kiri jalan tampak seperti terowongan.
tempat ini sering untuk muda-mudi nongkrong dan para calon pengantin photo prewedding outdoor.
Dan bukan hanya itu saja, disebelah sisi ada REL Tua yang dan masih berfungsi dengan baik, dan masih dipergunakan oleh PT.SINARMAS untuk pengangkutan minyak CPO hasil pengolahan pabrik milik mereka, lokasi ini berada di Jalan perlintasan Padang Halaban Kec.Aek Kuo

5.Keindahan Alam Danau Linting (Deliserdang)

Selain Danau Toba, danau lain yang terdapat di pulau Sumatra yang dapat menjadi tujuan wisata Anda adalah Danau Linting. Danau Linting merupakan pesona wisata di Sumatra Utara yang terletak di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deliserdang.
Lokasi danau yang dikelilingi oleh pepohonan yang relatif besar, menjadikan tempat ini semakin indah pemandangannya. 
Danau inipun tak terlepas dari cerita mistis atau legenda. Jadi bagi Anda yang berkunjung Danau Linting harus mematuhi aturan-aturan masyarakat dan etika di sekitar danau tersebut. Selain itu jika Anda ingin mandi di lokasi ini harus benar benar waspada karena kedalaman danau ini belum ada yang dapat mengukurnya. 
Oleh karena itu, Anda dilarang mandi sampai ke tengah danau. Pernah beberapa waktu lalu, seorang peneliti asing mengukur kedalaman danau dengan cara manual. Dia sudah menghabiskan tiga gulung benang sepanjang 100 meter belum kunjung menyentuh dasar danau. Masyarakat sekitar menduga, Danau Linting berbentuk seperti sumur yang sangat dalam.
6.Pemandangan Hajoran berada di Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X (Labuhanbatu Utara)
sumber : indga diambil dari Laburaku
Hajoran adalah tempat yang cocok untuk memasang tenda dan api unggun dengan view alam yang indah , Hajoran berada di Desa Hatapang Kecamatan Na IX-X Labura, kalian dapat mengeksplore alam Indonesia kita tercinta.

7.Pulau Berhala 

jika anda datang ke Pulau Berhala anda mungkin diwajibkan melapor kepada petugas tentara nasional indonesia (tni) yang berjaga untuk berkunjung berwisata ke pulau ini.

Karena tak terlalu jauh dari kawasan ibukota medan Provinsi Sumatera Utara, terdapat beberapa tujuan pelayaran yang menyambangi khusus untuk parawisatan ke pulau ini, Anda dapat pergi ke pelabuhan terdekat seperti pelabuhan kuala tanjung yang terdapat di limapuluh, batu bara, tak jauh dari kota tebing tinggi, serdang bedagai, perjalanan akan mengunakan perahu cepat dari dan menuju pulau berhala, dari tebing tinggi ke ke kuala tanjung membutuhkan waktu hingga 1 jam perjalanan, sedangkan dari pelabuhan kuala tanjung menuju pulau berhala dapat ditempuh hingga 1,5 jam perjalanan.

Facebook Comments

Previous Article
Next Article